SONTOH LAUT - Asemrowo Asik

Post Top Ad

Responsive Ads Here
*SONTOH LAUT*

Berasal dari kata "Sontoh" yg merupakan nama seorang leluhur warga kampung nelayan greges yaitu _Mbah Sontoh_ yang merupakan _Seorang Pelaut._
Dimana terdapat tambat labuh di Sontoh Laut Kelurahan Tambak Sarioso Kecamatan Asemrowo Kota Surabaya yg berada pd sebuah kampung nelayan yang berpotensi menjadi kampung wisata bahari, baik dari esotik keindahan alam yg menarik, aspek geografis lingkungan, produk unggulan warga,  kawasan kampung tersebut yang aman berada pada wilayah kawasan di pesisir pantai utara Kota Surabaya.

Sontoh Laut terdapat keunikan karakteristik yang terlihat  pada Tradisi Masyarakat yaitu sekitar seminggu setelah lebaran terdapat Kegiatan yang bernama "SEDEDAH LAUT" yg dilaksanakan warga, Kumpulnya warga kampung nelayan unt Makan Bersama dan setelah itu berkegiatan unt membawa makanan tersebut ke Tengah Laut atau Melarung.
Hal tersebut diatas patutlah Sontoh Laut unt digali lebih dalam kr terdapat potensi yg dapat dijadikan sebagai destinasi wisata bahari  diwilayah Pantai Utara Kota Surabaya (Panturbaya).

Sontoh Laut menarik untuk dijadikan sebuah  destinasi wisata bahari baru di Kota Surabaya, Selain Pemandangan alam matahari terbit juga indahnya tanaman mangrove yang ada, juga ada puluhan ribuan burung yg sdh menetap, tentunya bersanding dengan aktifitas modernisasi bongkar muat container oleh Terminal Teluk Lamong (TTL) dan (ICT) International Cargo Terminal yang berada di Dermaga Ujung Perak Surabaya sebagai daya tarik tersendiri dengan harapan bisa mendongkrak pendapatan ekonomi warga.
Dalam waktu dekat Sontoh Laut oleh warga setempat akan dibangun Menara Pandang bagi Wisatawan yg ingin melihat Puluhan Ribu Burung yg ada disekitar mangrove juga akan dibangun Gazebo2 ditengah laut.
Adapun Gazebo tersebut akan didirikan unt wisatawan yg akan berfoto ria atau Selfi dg pemandangan laut lepas, matahari terbit maupun unt beraktifitas lainnya di tengah laut seperti : memancing, makan dan ngopi bersama diatas gazebo.
Tidak ketinggalan pula permainan Kano, Sepeda Air atau SEGAIR ikut membuat wisatawan lebih betah lagi di Sontoh Laut.

1 comment:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages